15 Rekomendasi Wisata Tasikmalaya Keren & Asyik Terpopuler Hits 2020

Tasikmalaya terbagi atas dua bagian yaitu Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya. Keduanya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Tasikmalaya ini mempunyai karakter sendiri akan kotanya, karena itu Tasikmalaya dijuluki “Sang Mutiara dan Priangan Timur”. Tasikmalaya memiliki segudang spot wisata yang cantik untuk dikunjungi, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata hiburan. Berikut ini kita rangkum beberapa wisata yang ada di Tasikmalaya.

Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Kampung Naga merupakan kampung yang terkenal akan kearifan budayanya. Kampung Naga ini menjadi unik karena kekhasan bangunan arsitektur rumah sekitar. Kekhasan itu dapat dilihat rumah yang berdiri di Kampung Naga ini tersusun dari papan untuk dindingnya dan anyaman daun kelapa untuk bagian atapnya.

Untuk bangunan rumah pun harus menghadap ke arah utara, dan daun pintu pun tak boleh sejajar. Para masyarakat di kampung ini menjujung tinggi adat istiadat dari nenek moyang mereka, dan tidak ingin mendapatkan intervensi dari pihak luar. Kampung Naga ini sebenarnya bukanlah sebuah wisata. Namun, kampung ini dijadikan sebagai item kampung dengan kearifan budaya lokalnya.

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik merupakan bagian dari sejarah, pasalnya taman ini menjadi saksi atas perjuangan Prajurit Siliwangi dalam usahanya mengusir penjajah Belanda pada tahun 1947. Pada tahun 2005 taman ini sempat ditutup, namun resmi dibuka kembali pada tanggal 17 Oktober 2017. Taman Wisata Karang Resik ini cocok buat bersantai bersama keluarga dengan menikmati pemandangan yang elok.

Taman ini memiliki item spot foto yang bagus, di antaranya Museum 3 Dimensi, Taman Warna-Warni, Rumah Pohon, Kincir Angin Belanda, Taman Labirin dan lain sebagainya. Selain itu di taman ini juga tersedia berbagai wahana yaitu Flaying Fox, Arum Jeram, dan Sepeda Gantung.

Lokasi dari Taman Wisata Karang Resik ini tepat berada di Jalan Dr. Moh. Toha, Nomor 331, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya. Untuk harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp 15.000, harga tersebut belum termasuk wahana yang ada di taman ini seperti flaying fox. Wisata ini buka pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Objek Wisata Situ Gede

Objek Wisata Situ Gede

Pada bahasa sunda situ memiliki arti danau dan gede yaitu luas, sesuai dengan realitanya Objek Wisata Situ Gede ini memanglah terbilang luas yaitu seluas 47 hektar dan memiliki kedalaman 6 meter. Fasilitas yang tersedia di wisata ini pun beragam diantaranya sebagai berikut:

Gazebo Situ Gede, terdapat banyak gazebo di wisata ini. setiap gazebo dilengkapi dengan meja dan kursi. Cocok untuk bersantai para pengunjung sembari menikmati keindahan alam.

Taman Situ Gede, taman ini rekomendasi banget buat kalian yang suka berfoto. Karena taman ini berada di bawah pohon, yang merupakan tempat duduk untuk menikamati kesejukan di Objek Wisata Situ Gede ini.

Pulau Kecil di Tengah Danau, tempat ini merupakan bagian dari daya tarik Wisata Situ Gede ini. Pulau yang berada di tengah danau ini memiliki luas 1 hektar, dan di pulau tersebut terdapat 3 makam yaitu makam Eyang Prabudilaya, dengan pengikutnya yaitu Jayakerta, dan istri dari Jayakerta.

Objek Wisata Situ Gede ini berada di Kecamatan Mangkubumi yang merupakan perbatasan dari Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. HTM dari objek wisata ini adalah Rp 4.000 untuk orang dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak, dan ditambah dengan membayar kendaraan parkir.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng erletak di Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujuh, Tasikmalaya. Tidak lain juga Curug Dengdeng ini memiliki daya tariknya tersendiri yaitu keadaan sekitar curug yang masih alami. Curug ini memiliki 3 tingakatan yaitu di tingkatan pertama merupakan muara sungai dengan ketinggian 9 meter. Pada tingkatan kedua memiliki ketinggian 11 meter dan tingkatan ketiga setinggi 13 meter. Harga tiket masuk Curug Dengdeng ini Rp 3.500 per orang.

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta memiliki jarak 74 km dari pusat Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya berada di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujuh, Kabupaten Tasikmalaya. Pantai Sindangkerta ini memiliki pasir yang putih dan lembut, dengan adanya taman laut seluas 20 hektar menambah keindahan dari pantai ini tersendiri. Bagi kalian yang ingin mengunjungi Pantai Sindangkerta, kalian bisa menikamti hiruk pikuk udara segara di pantai dengan bersender di bawah ayunan pohon kelapa.

Selain pemandangan alam yang indah, para pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan para nelayan yang sedang menangkap ikan. Pantai Sindangkerta ini dikenal dengan pantai yang bersih dan aman, jadi sesekali kalian berkunjung, kalian dapat berenang di Pantai ini. Para pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 3.500 per orang untuk dapat menikmati Pantai Sindangkerta ini.

Tonjong Canyon Tasikmalaya

Tonjong Canyon Tasikmalaya

Wisata Tonjong Canyon ini terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujuh, Kabupaten Tasikmalaya. Wisata Tonjong Canyon merupakan wisata air jernih dimana terdapat bebagai tebing coklat yang menghiasi wisata tersebut. Di tempat wisata ini anda dapat menyegarkan pikiran anda dan melepas penat dengan berenang. Aliran air di Tonjong Canyon ini memiliki panjang 60 meter. Tebing-tebing yang menghiasi wisata ini pun dapat anda naiki, di atas tebing ini selain anda dapat diduduk, pemandangan alam pun dapat dilihat dari atas tebing. Harga tiket masuk Wisata Tonjong Canyon ini sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 per orang.

Karaha Bodas

Karaha Bodas

Karaha Bodas merupakan wisata kawah putih yang berada di Tasikmalaya tepatnya di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Kawah ini terbentuk dari gunung api. Wisata ini mempunyai pemandangan yang indah dan eksotis, cocok buat anda yang suka dengan traveling. Selain itu spot foto di Karah Bodas ini sangat bagus dan menghasilkan foto instagramable.

Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung

Berbicara tentang Curug Agung Galunggung ini berbeda dari curug-curug yang lainnya. Pasalnya curung ini menyuguhkan Rainbow Light, yang merupakan kerlipan lampu warna-warni dan akan nyala ketika beranjang petang dan menjelang fajar. Rainbow Light diresmikan pada tanggal 20 Mei 2017 yang lalu. Curug ini memiliki ketinggian 80 meter, selain itu Curug Agung Galungguh merupakan hasil aliran dari kawah Gunung Galunggung.

Curug ini berdekatan dengan wisata lain, jadi jika anda mengunjungi Curug Agung Galunggung dapat juga mengkeskplor wisata yang lainnya. Di antara wisata yang berdekatan dengan curug ini adalah Wisata Kawah Galunggung, Gardu Pandang, Kolam Air Panas. Biaya masuk ke area Wisata Curug Agung Galunggung ini sebesar Rp 5.000.

Wisata Alam Pasir Krisik

Wisata Alam Pasir Krisik

Wisata Alam Pasir Kritik terletak di Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Guranteng, Pagerageung, Tasikmalaya. Wisata ini menawarkan keindahan alam serta spot foto yang bagus kepada para pengunjung. Biaya masuk wisata ini yaitu Rp 10.000 per orang dewasa. Fasilitas yang tersedia di wisata ini diantaranya adalah odong-odong, trampolin, ayunan, kereta wahana. Bagi kalian yang ingi mengambil foto ada spot-spot yang menarik nih, di antaranya lukisan 3D, patung binatang, ayunan di atas bukit, arena sarang burung besar, telephone, dan taman bunga.

Tejaay Water Park Tasikmalaya

Tejaay Water Park Tasikmalaya

Teejay Water Park merupakan sarana wisata hiburan keluarga. Wisata ini sudah lama dibangun yaitu sejak tahun 2001. Pada hari weekend wisata ini selalu dipenuhi pengunjung, lantaran wisata ini menjadi sarana alternatif keluarga dalam menghabiskan hari libur masyarakat. Wisata Tejaay Water Park ini menyediakan berbagai wahana, kalau dihitung-hitung pun mungkin ada 10 wahana atau bahkan lebih seperti kolam renang anak maupun orang dewasa, menara water slide, kolam arus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Curug Panetean

Curug Panetean

Keindahan Curug Panetean ini dapat membuat anda menghilangkan penat dalam sejenak, panoramana di curug ini sunggu indah dan instagramable. Wisata ini tepatnya terletak di Pangliaran, Pancatengah, Tasikmalaya. Untuk anda yang ingin menikmati sensasi air di Curug Panetean ini tak perlu membayar tiket masuk, anda cukup membayar kendaraan parkir saja.

Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong ini merupakan jembatan kendaraan, manusi, sekaligus kereta api, yang ada di Tasikmalaya. Jembatan ini memiliki panjang kurang lebih 200 meter. Jembatan Cirahong dibangun pada tahun 1893. Jembatan ini bukanlah suatu objek wisata, namun karena keunikan dari jembatan ini banyak masyarakat yang menyerbu untuk sekedar mengambil gambar. Jembatan Cirahong selain memiliki keunikan, jembatan ini pun memiliki objek pemandangan disekitar yang indah. Tak heran jika banyak masyarakat yang datang di sana.

Curug Cimanintin

Curug Cimanintin

Selanjutnya adalah objek wisata Curug Cimanintin, tepatnya berada di desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa, Tasikmalaya. Akses jalan menuju curug ini, anda harus melewati jalanan bebatuan dan dilanjutkan dengan berjalanan kaki. Hal tersebut membuat sensasi traveling anda akan lebih terasa. Selain itu ketika anda sedang menuju wisata Curug Cimanintin ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan persawahan dan juga perbukitan. Lelah hanya awalan saja namun akhirnya pun akan indah, pasalnya semua akan terbayarkan dengan keindahan Curug Cimanintin ini.

Kebun Teh Taraju

Kebun Teh Taraju

Kebun Teh ini tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kebun Teh Taraju sendiri memiliki luas 2.062 hektar, yang dimana 1.329 hektar merupakan milik rakyat dan 732 hektar milik swasta. Untuk sampai ke Kebun Teh Taraju ini, anda dapat menggunakan kendaraan umum maupu kendaraan pribadi. Adapun jarak dari Kota Tasikmalaya sendiri adalah 48 km.

Sudah pasti pemandangan di sekitar Kebun Teh Taraju ini indah, mata dapat menyaksikan dedaunan teh yang hijau. Hawa sejuk nan damai pun dapat kita rasakan ketika kita berkunjung ke Kebun Teh Taraju ini. Tak kalah menarik, Kebun Teh Taraju ini pun mempunyai hasil foto yang bagus. Jadi, bagi kalian para pengunjung jangan lupa untuk abadikan moment anda di Kebun Teh Taraju ini.

Leuwi Citoe Pancatengah

Leuwi Citoe Pancatengah

Leuwi Citoe Pancatengah terletak di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya. Objek wisata ini merupakan aliran sungai dan terdapat air terjun juga. Pemandangan di sekitar wisata ini memanglah sangat asri dan damai, cocok buat anda bersantai-santai menikmati alunan suara air gemericik.

Air terjun mini yang terdapat di Leuwi Citoe Pancatengah ini berwarna hijau bening. Selain itu jika anda mengikuti aliran dari sungai ini, anda akan menemukan sejumalah goa alami di dekat wisata Leuwi Citoe Pancatengah ini.

Nah, itu tadi 15 rekomendasi destinasi wisata Tasikmalaya yang bisa anda kunjungi ketika sedang berkunjung ke kota “Sang Mutiara dan Priangan Timur” ini. Cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga teman terdekat atau bersama pasangan tercinta. Selamat liburaann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *