25 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Keren & Indah Cocok untuk Liburan Keluarga

Tawangmangu merupakan kabupaten yang berada di karanganyar jawa tengah. Tawamangu ini terkenal dengan daerah wisata alamnya karena terletak dikawasan dataran tinggi. Sebagai objek wisata pegunungan yang berada di sebalah lereng barat gunung lawu yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat kurang lebih selama sekitar satu jam dari kota surakarta atau solo. Tawangmangu berada pada daerah pegunungan yang subur dan dikelilingi oleh hutan serta perbukitan.

Walaupun hanya kota kecil, namun tawangmangu ini telah terkenal hingga ke mancanegara karena kawasan ini merupakan objek pariwisata yang cocok untuk dijadikan pilihan saat berlibur. Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain yang ada di indonesia. Berikut ini rekomendasi desinasi wisata tawangmangu yang wajib anda kunjungi saat berkunjung kesini :

Tempat Wisata di Tawangmangu Terpopuler 2021

1. WISATA AIR TERJUN GROJOKAN SEWU

WISATA AIR TERJUN GROJOKAN SEWU

Wista air terjun grojokan sewu yang termasuk ikon tawamangu ini berada terletak di bawah lerang kaki gunung lawu dengan ketinggian sekitar 80 meter. Untuk bisa sampai ke wisata air terjun ini, pengunjung harus melewati ribauan anak tangga terlibih dahulu. Ada sekitar 1250 anak tangga yang dibangun untuk memudahkan pegunjung sampai ke lokasi yang jauh di bawah. Meskipun harus melewai ribuan anak tangga tapi rasa lelah akan terbayang ketika sampai di air terjun grojokan sewu.

Selama perjalanan menyusuri anak tangga, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah dengan hijaunya hutan yang masih sangat asri. Hutan tersebut juga yang menjadi tempat tinggal dari kera-kera liar yang masih dilindungi.

Wisata air terjun grojogan sewu tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjun saja, namun juga terdapat arena bermain air, flying fox, serta dapat berinteraksi langsung dengan kera-kera yang hidup bebas berkeliaran di sekitar kawasan air terjun. Dan bagi pengunjung pecinta kuliner, sate kelinci adalah makanan yang wajib di coba sambil menikmati keindahan air terjun grojogan sewu. Harga tiket untuk masuk ke wista air terjun grojogan sewu dengan membayar sebesar rp.6.000 perorang saja.

Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

2. RUMAH ATSIRI INDONESIA

RUMAH ATSIRI INDONESIA

Rumah atsiri indonesia merupakan kompleks edu rekreasi dengan fasilitas mice yangb berada di plumbon, tawangmangu. Rumah atsiri ini merupakan hasil restorasi dari bekas pabrik citronella indonesia-bulgaria tahun 1963 yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata. Banyak sekali destinasi  menarik yang di tawarkan di rumah atsiri ini .

Antara lain seperti tour aromatic garden untuk melihat koleksi puluhan jenis tanaman atsiri, jelajah musium essential oil, dan menikmati sajian restoran dengan ciri khas atsiri dan aneka workshop yang akan menghidupkan jiwa scientist kita. Pada aromatic garden atau taman koleksi rumah atsiri indonesia, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman bunga yang sangat indah dengan bunga yang berwarna-warni.

Serta dapat melihat lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri dari indonesia hingga mancanegara. Yang masing masing tanamannya memiliki cerita, aroma dan karakteristiknya masing masing yang berbeda beda. Jika berkunjung ke rumah atsiri indonesia jangan lupa untuk singgah ke rumah atsiri museum, museum yang baru saja di buka untuk umum ini menawarkan cerita sejarah minyak atsiri yang dapat di runut hingga 2.000 sm.

Di rumah atsiri museum pengunjung dapat melihat juga cerita perjalanan minyak atsiri sejak pertama kali di temukan dan penyebarannya keseluruh dunia, terutama di indonesia. Sebelum pulang dari Rumah Atsiri Indonesia, pengunjung dapat meluangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Merchandise.

Di atsiri merchandise tersedia berbagai souvenir khas dari Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjungan atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat anda sebagai oleh-oleh. Ada juga berbagai ragam pilihan minyak atsiri dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil yang dapat anda temukan di Rumah Atsiri Essence.

Rumah Atsiri  Indonesia buka setiap hari pada pukul 10.00 sampai pukul 17.00 WIB. Pengunjung hanya cukup membeli voucher senilai 50.000. Yang Dimana voucher tersebut dapat pengunjung gunakan untuk masuk kedalam Aromatic Garden dan Museum Rumah Atsiri.

Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

3. TAMAN RIA BALEKAMBANG

TAMAN RIA BALEKAMBANG

Taman Ria Balekambang ini bisa menjadi pilihan tempat rekreasi bagi keluarga.  Wisata ini berada di sekitar lokasi grojogan sewu. tempat ini menawarkan pemandangan alam yang begitu masih sangat asri dengan Pepohonan pinus menjadi salah satu ciri khas dari wisata alam balekambang ini. Udaranya yang begitu sejuk yang dapat menenangkan pikiran siapapun yang datang berkunjung ke taman ria belekambang .

Jika pengunjung merasa betah dan masih ingin lebih berlama-lama lagi untuk menikmati taman ini, pengunjung bisa menyewa penginapan. Karena Kawasan wisata ini dilengkapi juga dengan fasilitas penginapan untuk para pengunjungnya yang ingen menginap. Selain itu, fasilitas lainnya pun sangat lengkap.

Jl. Balaikambang, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

4. CANDI CETHO

CANDI CETHO

Wisata Candi cetho berada di Dusun Ceto Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Candi ini memiliki keunikan utama candi  yaitu letaknya yang tepat berada di atas kebun teh kemuning. di Tempat wisata alam Tawangmangu yang satu ini kia bisa meliha pemandangan gunung lawu yang terihat jelas ketika cuaca sedang cerah. Candi ini juga merupakan candi agama Hindu yang merupakan bagian dari peninggalan kerajaan Majapahit.

Untuk bisa memasuki lokasi wisata candi ceto, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.5,000 saja. Akses menuju tempat wisata ini juga mudah karena kondisi jalan yang baik, sehingga dapat dilalui oleh motor maupun mobil. Karena letaknya yang cukup dekat dengan gunung lawu, belakangan ini lokasi candi cetho mulai dijadikan sebagai pendakian awal gunung lawu.

Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

5. AIR TERJUN PRIGGODANI

AIR TERJUN PRIGGODANI

Kata priggodani mungkin tidak begitu asing di telinga beberapa para pecinta kuliner. Karena nama tersebut merupakan nama salah satu rumah makan yang cukup terkenal. Tapi nama pringgodani juga merupakan nama sebuah air terjun yang berada di kawasan Tawangmangu. Objek wisata di Tawangmangu Karanganyar yang satu ini masih sangat asri.

Hal ini disebabkan karena memang tempat ini masih terpencil dan belum banyak diketahui orang dan juga Letaknya yang jauh serta medan perjalanan yang sulit membuat tempat wisata ini masih belum dikelola dengan baik.  Karena Air terjun pringgodani terletak di sebuah bukit, sehingga memang sulit untuk bisa mencapainya.

Ketinggian air terjun pringgodani lebih tinggi daripada air terjun grojogan sewu. Karena belum banyak diketahui orang , kondisi alam di sekitar pringgodani masih sangat asri. Sangat cocok dikunjungi untuk anda yang menginginkan wisata alam yang tenang dan masih orisinil.

Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

6. WISATA ALAM GUNUNG LAWU

WISATA ALAM GUNUNG LAWU

Gunung lawu dengan ketinggian 3.265 mdpl akan memberikan suasana alam secara menyeluruh. Ketika kia berada di puncaknya, sensasi berada di negri di atas awan akan kamu rasakan disini. Jika cuaca sedang cerah, kamu akan melihat pemandangan kota sekitar dengan sangat jelas. Dan jika kamu bisa sampai di puncak saat matahari terbit, maka kamu akan melihat panorama alam yang sangat indah. 

Keindahan pemandangan alam dari puncak gunung memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi untuk bisa sampai di puncak, harus mendakinya yang tentu saja harus dengan  menyiapkan stamina yang kuat. Karena Akan sangat berbahaya pastinya jika kamu mendaki gunung dengan tangan kosong atau tanpa persiapan apapun.

Selain itu Jangan lupa juga, banyak hal yang harus diperhatikan dalam pendakian. Karena biasanya sebuah gunung sangat erat dengan kegiatan spiritualnya, begitupun juga dengan Gunung Lawu. Tapi, percaya deh keindahan tak ternilai puncak gunung akan menghapus semua lelah dan susah yang sudah kamu lalui.

Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

7. AIR TERJUN PARANG IJO

AIR TERJUN PARANG IJO

Wisata air terjun parang ijo yang Lokasinya masih satu kecamatan dengan air terjun jumog. Yaitu tepatnya di Desa Girimulyo. lereng gunung lawu, berada di tengah tengah perkebunan dan pertanian Membuat pemandangan air terjun Parang Ijo begitu sangat memesona. Karena Sadar akan potensi wisata alamnya, pemerintah setempat pun membangun berbagai fasilitas untuk mendukung kemajuan wisata Air Terjun Parang Ijo ini.

Air terjun parang ijo memiliki Ketinggian sekitar 50 meter. Karena Pemerintah setempat sangat mendukung perkembangan wisata alam air terjun parang ijo ini, sehingga bukan hanya membangun fasilitasnya saja, tapi juga memperbaiki akses jalannya. Jadi, tidak perlu khawatir akan medan perjalanan yang terjal Karen akes jalan yang sudah diperbaiki

Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

8. BUMI PERKEMAHAN SEKIPAN

BUMI PERKEMAHAN SEKIPAN

Wisata bumi perkemahan sekipan berada di Dukuh Sekarjinggo, Desa Kalisoro. wisata ini merupakan tempat iburan di Tawangmangu yang banyak sekali diminati dan juga merupakan Salah satu perkemahan terkenal yang menyajikan pemandangan pohon pinus menyejukkan. Disini juga terdapat ragam tanaman hutan, sehingga sering dijadikan sebagai objek penelitian.

Fasilitas di perkemahan ini juga terbilang lengkap, sehingga perkemahan ini menjadi tempat camping andalan dari berbagai kalangan. Bumi perkemahan Sekipan juga tidak hanya dijadikan tempat favorit bagi para mahasiswa dalam mengadakan kegiatan kampus, tetapi juga untuk acara acara lainnya. Salah satunya yaitu digunakan untuk acara pernikahan yang mengusungkan tema outdoor. Bagi kamu yang ingin melepas penat, perkemahan ini juga bisa kamu jadikan tempat liburan di Tawangmangu.

Bumi Perkemahan Sekipan, Desa Kalisoro, Tawangmangu, Area Hutan, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

9. AGROWISATA SONDOKORO

AGROWISATA SONDOKORO

Wisata agrowisata sondokoro Lokasinya yang masih satu wilayah dengan pabrik gula Tasikmadu. Bagi kamu yang ingin membawa keluarga terinta kalian untuk berwisata. Agrowisata Sondokoro bisa  menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan. Karena, tempat ini menyediakan berbagai permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa.

Beberapa wahana yang bisa dinikmati di tempat ini, antara lain seperi  flying fox dan waterboom. Selain memiliki wahananya yang cukup lengkap,  di tempat wisata ini pengunjung bisa berkeliling dengan menggunakan kereta tua. Selain menjadi destinasi tempat rekreasi di Tawangmangu, agrowisata ini juga bisa dijadikan sebagai taman edukasi.

Karena Lokasinya yang masih satu wilayah dengan pabrik gula Tasikmadu, menjadikan pengunjung bisa melihat lagsung dan mengetahui proses pembuatan gula. Tempat wisata ini juga mengusung tema edukasi, industri, serta agrowisata yang biasa.

Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 42454

10. TELAGA SARANGAN

TELAGA SARANGAN

wisata Tawangmangu Sarangan merupakan hamparan telaga yang sangat luas dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati. Salah satu fasilitas yang menjadi andalannya adalah wisata perahu cepat atau speedboat. Dengan kecepatan yang tinggi, perahu cepat tersebut bermanuver membuat gelombang-gelombang besar pada telaga. Dari telaga sarangan ini, pengunjung juga bisa langsung melihat pemandangan gunung lawu dengan jelas.

Karena letaknya telaga sarangan berada di lereng gunung lawu sebelah timur, udara di tempat ini pun sangat sejuk. Tempat ini juga dilengkapi dengan para penjual cinderamata, sehingga bagi pengunjung bisa membeli oleh-oleh untuk dijadikan kenang-kenangan.

Ngluweng, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

11. Air Terjun Jumog

Jika Kamu sedang berada di Karanganyar, jangan lupa untuk singgah di Air Terjun Jumog. Sangat sayang rasanya jika sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Lokasinya berada di kawasan wisata Tawangmangu, masih berada di kaki gunung Lawu, tepatnya ada di desa Berjo, Kec. Ngargoyoso.

Jika ingin menuju ke air terjun ini Kamu harus mendaki 116 anak tangga. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat hawa di sekitar objek wisata ini sangat sejuk dan asri. Tidak jarang pengunjung yang datang ke objek wisata ini hanya untuk menikmati udara segar di sekitar air terjun.

Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar Regency, Central Java 57793

12. Desa Wisata Tawangmangu Nglurah

Tempat wisata di Tawangmangu yang selanjutnya adalah sebuah desa wisata yang terkenal dengan desa penghasil bunga hias. Desa ini sangat indah sekali, karena hampir disetiap rumah disini menghiasi rumah mereka dengan aneka ragam bunga nan cantik, bunga-bunga yang dipajang disini juga bisa Kamu miliki, karena warga setempat menjualnya. Para warga Desa nglurah ini sudah menjual beraneka ragam bunga hias ke berbagai daerah di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mengunjungi desa sejuta bunga ini?

Jl. Candi Menggung Nglurah, Nglurah, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

13. Pemandian Air Hangat Cumpleng

Cumpleng adalah tempat pemandian air hangat yang musti Kamu datangi saat sedang liburan di Tawangmangu. Lokasinya terletak di Desa Plumbon, Kec. Tawangmangu, berjarak sekitar kurang lebih 26 km dari Kota Karanganyar, posisinya di jalan tembus Tawangmangu menuju Astana Mangadeg atau Matesih. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mandi air hangat, seperti dapat meredakan stres, relaksasi, dan juga bagus untuk kesehatan kulit.

Jl. TP Joko Songo, Bt. Argotiloso, Pablengan, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57781

14. Situs Purbakala Menggung

Di Tawangmangu ternyata juga ada situs peninggalan zaman dahulu, namanya adalah Candi Menggung. Warga setempat yang tinggal disekitar sana masih melakukan ritual yang berbau mistis, yaitu pada setiap terbitnya wuku dukut dalam perhitungan kalender Jawa, nama upacaranya adalah “Dhukutan” yang diisi dengan pertunjukan wayang kulit.

Lokasi situs purbakala Menggung berada di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu dengan lokasinya berada di 1.100 mdpl, menyuguhkan panorama alam yang indah dan berudara sejuk membuat suasana menjadi nyaman. Beberapa bentuk peninggalan yang dapat kamu temui antara lain berupa patung atau arca, dan beberapa bekas reruntuhan dan pondasi candi. Situs purbakala Candi Menggung dapat diakses dengan kendaraan pribadi dari arah Tawangmangu atau bisa juga dengan berjalan kaki dari terminal Tawangmangu.

15. Wisata Alam Kebun Strawbery Tawangmangu

Aktivitas yang tidak kalah seru dan menyenangkan di Tawangmangu selanjutnya adalah memetik Strawberry. Habitat Buah mungil satu ini berada di kawasan dataran tinggi. Oleh karena itu buah ini dapat hidup subur di Tawangmangu yang merupakan kawasan datarn tinggi.

Kamu dapat memetik sendiri buah merah merona ini di Tlogo Dringo, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Kami sarankan untuk pergi kesini kisaran bulan Juni-Agustus karena pada waktu tersebut merupakan masa panen buah strawberry, pengunjung dapat memetik langsung buah strawberry dengan membayar Rp 50.000 per kilogram.

Jalan tembus ke barat, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

16. New Taman Balekambang Tawangmangu

Salah satu tempat wisata terbaru dan sedang hits di Tawangmangu yakni New Taman Balekambang. Tempat wisata ini mengusung konsep berupa miniatur keajaiban dunia. Berbagai bangunan keajaiban dunia seperti Menara Eiffel di Prancis, Piramida Giza dan patung Sphinx di  Mesir, Tembok Besar China, Colosseum di Italia serta Hollywood Sign di Amerika Serikat ada disini. Jika Kamu suka foto-foto, miniatur tersebut bisa kamu jadikan sebagai background tempat berfoto.

Jl. Balaikambang, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

17. Cemoro Kandang

Cemoro Kandang merupakan jalur pendakaian Gunung Lawu yang berada di Tawangmangu. Jalur ini sering digunakan oleh para pendaki yang ingin mendaki karena treknya nya yang tidak ekstrem. Selain untuk jalur pos pendakian kamu juga bisa menikmati panorama alam yang indah. Jika cuaca tidak mendung dan tidak berkabut kamu bisa melihat indahnya Telaga Sarangan jika dari atas ketinggian, pasalnya Cemoro Kandang berada di ketinggian 1.800 mdpl

Di pinggiran jalan setempat juga banyak warung-warung yang menjajakan makan-makanan ringan dan minuman hangat. Kamu wajib coba menikmati indahnya panora alam disekitar ditemani dengan jagu bakar dan susu jahe panas, rasanya Ah Mantaapp !

Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Minggu – Sabtu : 07.00 – 16.00

24 Jam (khusus akses pendakian Gunung Lawu)

tiket wisata Rp. 10.000 / orang

18. The Lawu Park

The Lawu Park bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata keluarga di Tawangmangu, pasalnya terdapat banyak wahana, penginapan dengan lingkungan yang asri, udaranya yang cukup sejuk.

Tiket masuknya terbilang cukup murah dan berlaku untuk weekday, weekend sampai high season. Tersedia penginapan sesuai jumlah yang akan menginap. Jika datang kesini jangan lewatkan sensasi rumah saljunya.

Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Senin – Sabtu : 07.30 – 22.00

Minggu : 07.00 – 22.00

tiket Rp. 20.000 (weekday / weekend)

Flying Fox Rp. 25.000

ATV Rp. 30.000

Camping Ground Rp. 20.000

Penginapan mulai Rp. 300.000 – Rp. 650.000

19. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah bekas kompleks candi Hindu yang mirip sekali dengan Candi Suku Maya di Amerika Latin. Situs budaya yang masih terpelihara dengan baik dan masih boleh masuk dalam candi.

Lokasinya memang di ketinggian dengan akses jalan yang cukup bagus, bisa dilalui oleh mobil dan motor. Waktu yang tepat untuk datang kesini yaitu pada pagi sampai siang hari, pasalnya ketika sore hari dikhawatirkan kabut akan turun dan membuat pemandangan menjadi tertutup kabut.

Alamat : Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Jam buka : Minggu – Sabtu : 07.00 – 17.00

Harga tiket : Rp. 5.000

Penginapan mulai Rp. 50.000 / malam

20. Telaga Madirda

Telaga Madirda berada di tengah permukiman sawah warga setempat. Fungsi utamanya adalah untuk mengairi area perawahan yang ada disekitar telaga. masih sangat alami dan tidak banyak fasilitas pendukung, namin jika ingin berkunjung kesini hanya untuk berfoto foto dan menikmati panorama alam yang ada juga bisa. Kami sarankan jika berkunjung kesini, pastikan sudah bawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

akses jalan untuk menuju ke Telaga Madirda terbatas untuk kendaraan pribadi tanpa tiket masuk. Waktu kunjungan terbaik adalah pada pagi hari saat sunrise dan sore saat menjelang sunset, boleh camping asalkan izin dahulu dengan warga sekitar.

Alamat : Area Sawah, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Jam Buka : Minggu – Sabtu : 06.00 – 17.30

21. Bukit Mongkrang

Selain Gunung Lawu, Bukit Mongkrang bisa menjadi alternatif pilihan tempat untuk mendaki di Tawangmangu. Jalur treckking yang tidak terlalu sulit, bahkan bisa dilakukan oleh pemula. Dengan jarak tempuh hanya sekitar 30 menit saja. Saat akhir pekan tiba banyak wisatawan yang berkunjung untuk piknik, eksplore alam dan jadi pintu masuk untuk pendakian. Sayangnya masih belum terawat dan terpelihara dengan baik dan fasilitas yang ada masih minim.

Lokasi : Area Hutan,Tlogo, Dringo, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Jam Buka : 24 jam

Harga Tiket : Rp. 5.000

parkir Rp. 5.000

22. Goa Sari River Tubing

Cave tubing di Tawangmangu yang cocok untuk pemula, bahkan anak usia 10 tahun sekalipun bisa ikut bermain wahana yang satu ini. Jangan khawatir kalau baru mencoba untuk pertama kalinya , ada guide/pemandu yang siap mendampingi disetiap perjalanan. Aktivitas susur goa yang seru dan menyenangkan, debit airsungai tidak terlalu besar dan bisa dilakukan sendiri. Paling enak datang ketika musim penghujan tiba sebab perjalanan tidak terlalu lama.

Lokasi : Jl. Ngranten Wetan No.Rt 04, Puntuk, Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Jam Buka : Minggu – Sabtu : 08.30 – 17.00

Harga Tiket : Rp. 5.000

cave tubing Rp. 50.000 (weekday)

23. Air Terjun Jurang Sundo

Nglurah RT 02 RW 10, Nglurah, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

24. Sakura Hills

Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

25. Buper Pleseran Nglurah

Jl. Candi Menggung Nglurah, Area Hutan, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik dikunjungi di sekitar Tawangmangu. Meskipun masih daerah pegunungan, tapi akses jalan menuju wisata Tawangmangu sangat mudah dan kondisinya dalam keadaan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *