50+ Wisata Seru dan Bagus di Tegal yang Lagi Hits Terbaru 2020

Ngomongon soal tegal, yang terlintas pertama kali dibenak kalian adalah pada Warteg “Warung Tegal” dan dialeg ngapaknya yang unik. Namun jika anda menelusuri lebih dalam tentang kota pantura ini, Anda akan menemukan banyak tempat tempat bagus dan terkagum kagum akan keindahan objek wisatanya yang eksotis.

Tegal merupakan salah satu kabupaten yang masuk kedalam wilayah teritori provinsi Jawa Tengah. Kabupaten dengan luas 872 km persegi mempunyai julukan kota bahari sebab lokasinya yang berada di pesisir pantai utara jawa.

Tegal memiliki banyak destinasi tempat wisata yang tak kalah keren dengan tempat wisata di Purwokerto, Brebes Pekalongan, Semarang, dan kota kota besar disekitar Tegal. Sebut saja Guci dan Rita Park yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Semuanya lengkap ada disini, mulai dari wisata alam, wisata bahari, tempat bermain, dan masih banyak lagi, tinggal pilih saja mau pergi kemana.

Jika sobat traveler sekalian mempunyai rencana berlibur di kota ini, tidak perlu khawatir dengan tempat wisata yang akan disuguhkan nantinya, karena dijamin akan membuat acara liburan anda terasa seru dan menyenangkan. Nah, maka dari itu untuk mempermudah perjalanan wisata liburan anda pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi dan panduan lengkap tentang tempat wisata di Tegal yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ulasannya

1. Goa Lawa

Jam buka : 12.00 – 18.00 (weekdays) & 08.00 – 18.00 (weekend)

Harga Tiket Masuk : Rp 7.000, Rp 5.000 (parkir kendaraan )

Wisata di Tegal yang pertama yaitu Goa Lawa, jika anda mencari tempat yang bernuansa alamiah plus dengan sensasi pertualangan yang seru, mungkin Goa Lawa bisa menjadi pilihan yang tepat. Disini anda bisa melihat keindahan kota Tegal yang eksotis jika dilihat dari ketinggian atas bukit.

Ada spot menarik dan selalu digandrungi oleh wisatawan yang datang, lokasinya berada di tumpukan batu yang tersusun rapi secara alami, dengan puncaknya yang menjulang. Namun, untuk bisa kesana butuh sedikit perjuangan. Anda harus mendaki terlebih dahulu untuk bisa sampai ke atas.

Selain itu, di sebelah selatan bukit menyuguhkan vie panorama Gunung Slamet beserta deretan pegunung yang berdiri kokoh saling berjejeran dan hutan rimbun disisinya semakin mempercantik keindahan wisata yang satu ini.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Goa Lawa terletak di Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jateng. Atau jika bingung bisa ikuti maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

2. Curug Bentar

Jam Operasional : Setiap Hari ( 08.00 – 17.00 )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 / orang

Wisata Tegal yang selanjutnya yaitu Curug Bentar. Tinggi curug ini mencapai 35 meter. Panorama air terjun yang jatuh merayap ke dinding tebing dan masuk ke curug gua dibawahnya serta paparan sinar mentari membuat pemandangan yang luar biasa indah bak air yang turun dari surga.

Air nya yang segar akan membuat siapa saja tak tahan untuk segera menyeburkan diri kedalamnya atau sekedar bermain air tanpa mengenal waktu. Untuk menunjung aktivitas para wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas seperti Toilet, Area parkir yang luas, Musholla, warung makan, dan penginapan yang bisa digunakan oleh pengunjung

Jika anda ingin berkunjung ke sini, Curug Bentar terletak Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Atau jika bingung bisa ikuti panduan maps yang telah kami paparkan dibawah ini.

3. Curug Putri

Jam Operasional : Setiap Hari 24 Jam

Harga Tike Masuk : Rp 3.000 / orang

Objek wisata di Tegal yang selanjutnya yaitu Curug Putri. Letaknya yang tersembunyi membuat keindahan Curug Putri masih belum banyak terjamah oleh pengunjung bak seperti surga yang tersembunyi di tanah Tegal. Untuk bisa sampai ke lokasi curug dibutuhkan perjuangan yang ekstra dan cukup menguras tenaga sebab, letaknya yang tersembunyi dan belum banyak tersentuh oleh masyarakat luas.

Namun jangan khawatir, selama diperjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah pesona alam sekitar. Rasa capek dan lelah kalian akan hilang begitu disambut dengan pemandangan curug dengan tinggi 35 meter serta semburan air yang disebabkan oleh debit air yang deras turun dari atas puncak curug. Dengan background batuan unik akan membuat curug tampak lebih eksotis.

Dengan keindahan curug dan lokasinya yang tersembunyi terdapat mitos yang mengatakan bahwa curug ini merupakan tempat mandi para bidadari. Terlepas dari mitos tersebut, curug ini memang sudah tidak diragukan lagi mengenai keindahan panorama alam yang disugukan, sangat sayang untuk dilewatkan.

Jika anda ingin pergi kesini, Curug Putri terletak di Dukuh Padanama, Desa Mandalam Kecamatan Sirampong, Kab Brebes, Jateng. Atau jika bingung anda bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

4. Curug Cantel

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 15. 000 / orang

Wisata alam curug selanjutnya yang ada di Kabupaten Tegal yaitu Curug Cantel. Keindahan pemandangan panorama alam yang disuguhkan dari curug ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Derasnya aliran air yang turun puncak curug setinggi 60 meter mampu membuat pecahan embun air yang tiada habinya menyapa setiap pengunjung yang datang. Ditambah dengan landscape bebatuan yang berada di bawah curug menambah kesan eksotis curug ini.

Untuk bisa sampai menuju ke curug ini, anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit dari tempat parkir. Selama perjalan menuju curug anda akan ditemani dengan pemandangan alam sekitar yang cukup untuk menyejukan mata. Anda akan melewati perkebunan kecil, persawahan, dan juga menyeberangi sungai kecil. membuat perjalanan terasa seru dan menyenangkan, serasa sedang berpetualang kecil kecilan. Disana juga masih terdapat hewan liar yang dilindungi, jika anda beruntung anda bisa menyaksikan hewa hewan tersebut ketika sedang pergi mencari makan atau sedang beristirahat.

Dibalik semua keindahan yang suguhkan terdapat sebuah mitos unik, konon katanya siapapun yang mencuci muka dengan air Curug Cuntel ini akan segera mendapatkan jodohnya. Nah, silahkan pasukan jombloers untuk datang kesini dan membuktikannya sendiri mitosnya wkwk

Jika anda ingin pergi ke sini, Curug Cantel berada di Jl Raya Kalipedes, Desa Sigedong, Kec Bumijawa, Kab Tegal, Jateng. Jika bingung anda bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

5. Curug Pitu Margasari

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000

Tempat wisata yang selanjutnya masih seputar wisata alam curug yaitu Curug Margasari. Curug ini adalah rangkaian air terjun yang ada di bukit Margasari dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Sesuai dengan namanya, curug ini mempunyai 7 aliran air terjun yang masing-masing aliran mempunyai daya tarik tersendiri.

Sayangnya, karena lokasinya yang masih tersembunyi untuk menuju ke lokasi curug terbilang gampang-gampang susah, pasalnya jalurnya yang bisa dilewati untuk menuju ke lokasi curug hanya bisa dengan berjalan kaki. Dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan dari Pasar Margasari sampai ke lokasi Curug Pitu.

saat sampai di lokasi curug , anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam hamparan jati yang eksotis. Spot yang cocok untuk berfoto dengan latar belakang view panaorama alam yang indah. Membuat perjalanan liburanmu semakin mengesankan.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Curug Pitu terletak di Kecamatan Margasari, Kab Tegal, Jawa Tengah. Atau jika bingung anda bisa panduan maps yang telah kami sediakan dibawah ini.

6. Curug Jejeg

Jam Operasional : Setiap Hari (24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Curug selanjutnya yang ada di Tegal yaitu Curug Jejeg. Lokasinya terletak di Jl Raya Jejeg no.7, Sawah & Ladang, Jejeg, Bumijawa, Tegal. Suasananya masih terbilang asri, selain itu disana juga terdapat bebatuan yang dapat digunakan untuk duduk duduk santai sembari menikmati gemericik air yang berjatuhan dari atas curug.

Curug ini memilikin ketinggian sekitar 22 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Curug ini mempunyai tiga tingkatan dengan tinggi yang berbeda beda. Disana juga terdapat kolam alami yang terbentuk akibat pelapukan air.

7. Curug Luhur

Jam Operasional : Setiap Hari ( 08.00 – 18.00 )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Wisata di Tegal yang selanjutnya yaitu Curug Luhur yang terletak di Sawah, Ladang, Tuwel, Bojong, Tegal, Jawa Tengah. Panorama alam yang disuguhkan disini berbeda dengan curug curug yang lain. Anda akan disuguhkan dengan panorama air terjun yang seakan akan berada disebuah mangkuk kolam besar. Dengan ketinggian air yang hanya semata kaki orang dewasa ini membuat anda dapat bebas bermain air sesukanya. Dengan air yang jernih membuat bebatuan dan kehidupan dalam air tampak membuat air terjun semakin eksotis.

Tak hanya itu dinding tebing yang ada di sekitar curug ditumbuhi oleh lumut hijau dan tumbuhan merambat. Serta akar akar pohon yang menyebul dari balik tebing menambah kesan alami curug ini.

8. Curug Penganten

Jam Operasional : Setiap Hari ( 06.00 – 18.00 )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Curug ini masih satu jalur dengan Curug Luhur, tepatnya di Ladang, Hutan Guci, Dukuh Bandarsari, Kec Bumijawa, Kab Tegal. Hanya berjarak sekitar 500 meter diatasnya. Jadi untuk pengunjung yang ingin pergi kesini hanya diperlukan waktu beberapa menit saja dari Curug Luhur.

Curug ini mempunyai dua curug yang masing masing memiliki keunikannya tersendiri. Satu mempunyai arah aliran yang cenderung turun ke bawah, sedangkan yang satunya lagi arah aliran airnya cenderung memancar denga arus yang lebih deras. Tempat nya tersembunyi karena tertutup oleh bukit yang mengelilinginya.

Didasar curug juga terdapat kolam alami yang cukup lebar dengan ketinggian air yang tidak terlalu dalam sehingga dapat berenang santai dikolam atau hanya sekedar main air. Seperti pada curug yang lainnya, pada sekitar tebing banyak ditumbuhi lumut hijau dan tumbuhan merambat yang membuat kesan alami pada tempat ini.

9. Curug Kembar

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tike Masuk : Rp 5.000

Sesuai dengan namanya, curug ini memiliki dua buah curug yang berdekatan posisinya. Uniknya curug ini mempunyai perbedaan yaitu yang satu mempunyai aliran air yang cukup deras, sedangkan yang satunya lagi memiliki aliran air yang kecil dan tidak deras. Selain itu air yang ada dicurug ini hangat sehingga cocok sebagai tempat rileksasi atau penghilang rasa capek. Anda akan melihat banyak pipa-pipa disekitar curug, sebab banyak warga yang mengambil air dari sini untuk kebutuhan sehari hari.

Jika anda ingin pergi kesini, Curug Kembar terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jateng. Jika anda bingung, anda bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sediakan dibawah ini.

10. Curug Sentul Cawitali

Tempat wisata di Tegal yang selanjutnya yaitu Curug Sentul Cawitali, Curug ini lumayan terkenal di kawasan masyarakat Tegal, sebab curug ini biasa digunakan oleh warga sebagai tempat memancing ikan dan juga untuk latihan repelling oleh teman teman pecinta alam. Sebab, dindingnya yang cukup terjal dengan ketinggian 20 meter cukup memacu adrenalin, apalagi ketika menerjal aliran arus airnya.

Keunikan dari curug ini yaitu, terdapat sebuah cerukan tanah kedalam yang membentuk seperti sebuah gua. Namun sayangnya gua tersebut tidak dapat dimasuki. Di saat musim tiba, debit air pada curug ini masih terbilang cukup deras, sehingga tidak disarankan pengunjung untuk bermain air dibawahnya.

Namun tidak perlu khawatir, disekitar curug banyak terdapat bebatuan besar yang dapat anda gunakan untuk berduduk duduk santai sambil mendengarkan aliran air terjun yang menyejukan. Jika anda ingin berkunjung ke sini, Curug Sentul Cawitali terletak di Ladang, Cawitali, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Atau bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini untuk memudahkan perjalanan kalian.

11. Pantai Purwahamba Indah (Pur-In)

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Pasir pantai yang ada disini memang tidak seindah pasir pantai di bali, tapi pemandangan pasir pantai yang disuguhkan disini sangat indah dan mempesona. Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru disekitar kawasan pantai ini. Pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo untuk berteduh, kebun binatang mini, arena bermain anak, dan masih banyak fasilitas lain yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Pantai Pur – In terletak di Desa Purwahamba, Kecamatan Surodadi, Kab Tegal. Jika dari terminal bus Kota Tegal hanya berjarak sekitar 14 Km. Anda juga bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

12. Pantai Muara Reja

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Pantai ini termasuk pantai yang masih belum banyak diketahui orang sehingga masoh tergolong sepi pengunjung dan keindahan alamnya masih terjaga dengan baik. Namun, 2 tahun belakangan ini, satu per satu mulai rame dikunjungi oleh para wisatawan.

Dengan panjang sekitar 1km, pantai ini mempunyai hamparan pasir hitam yang eksotis dan juga terdapat pohon cemara besar yang membuat suasana sekitar menjadi terasa asri dan sejuk. Fasilitas yang ada juga telah memadai seperti toilet, musholla, area parkir yang luas, penginapan, dan banyak berjejer warung warung tempat pelepas lapar setelah lelah bermain.

Jika anda ingin berkunjung kesini Pantai Muara Reja terletak di Jalan Brawijaya, Muarareja, Tegal Barat, kota Tegal, Jawa Tengah. Atau jika bingung dapat mengikuti panduan maps yang telah kami paparkan dibawah ini untuk mempermudah perjalanan liburan anda.

13. Pantai Larangan

Jam Operasional :Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 2.000 / orang

Wisata di Tegal yang selanjutnya adalah Panta Larangan. Dikalangan masyarakat sekitar Tegal, pantai ini sudah cukup terkenal, maka tak heran jika waktu liburan telah tiba destinasi tempat wisata ini akan ramai dikunjungi olehwisatawan lokal dan luar Tegal. Maka dari itu kami sarankan jika ingin bermain kesini datang pada waktu jam kerja, supaya tidak terlalu ramai pengunjung.

Di sepanjang tepian pantai terdapat ratusan pohon cemara laut yang memang sengaja ditanam sebagai program penghijauan pesisir pantai. Jadi dengan adanya pohon pohon cemara akan membuat suasana pantai menjadi lebih asri dan sejuk. Bikin betah berlama lama disini.

Selain itu, disetiap tahunnya selalu diadakan upacara sedekah laut oleh masyarakat setempat atas ungkapan rasa syukur terhadap segala karunia, rezeki yang melimpah, karena memang banyak masyarakat sekitar yang mengandalkan hasil laut sebagai mata pencahariannya.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Larangan terletak di Munjung Agung, Kramat, Tegal, Jawa Tengah. Jika anda bingung bisa juga mengikuti panduan maps yang telah kami sediakan dibawah ini untuk memudahkan perjalan liburan kalian.

14. Pantai Alam Indah Tegal

Jam Operasional : Setiap Hari ( 24 Jam )

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Seperti dengan namanya, pesona pemandangan alam yang disuguhkan di pantai ini memang sungguh indah. Hamparan pasir hitam yang eksotis dan birunya lautan dengan ombak laut yang tidak begitu besar membuat tempat ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat berlibur anda bersama keluarga atau teman teman anda sekalian. Anda juga dapat berkeliling meihat lihat sekitar pantai dengan menggunakan perahu yang disewakan disini.

Jika anda ingin berkunjung kesini, Pantai Alam Indah terletak di sebelah utara kota Tegal, tepat nya di Jl Bali, Martoloyo, Mintaragen, Tegal. Rute untuk menuju kesini cukup mudah tidak terlalu jauh dari kota. Jika masih bingun, bisa mengikuti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

15. Danau Beko

Jam Operasinal : Setiap Hari ( 07.00 – 18.00)

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 / orang

Wisata alam Tegal yang selanjutnya yaitu Danau Beko. Danau ini merupakan cekungan bekas lubang galian penambangan batu kapur yang terisi oleh air hujan, lama kelamaan ini menjadi sebuah kubangan air yang tampak seperti danau yang terlihat sangat indah dan mempesona. Bagi anda yang suka hunting foto untuk tambahan koleksi galeri foto, mungkin ini tempat yang harus anda kunjungi untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Dan kawasan ini tidak hanya memiliki satu danau lho, melainkan lima danau sekaligus dengan tatanan yang begitu mengakumkan dan masing masing mempunyai keunikan tersendiri. Bagi kalian yang ingin berkunjung kesini, Danau Beko terletak di Jatilaba, Margasari, Tegal, Jawa Tengah. atau bisa juga mengukiti panduan maps yang telah kami sajikan dibawah ini.

16. Waduk Cacaban

17. Telaga Air Cempaka

18. Wisata Air Panas Guci

19. Bukit Rangkok Pagerwangi

20. Bukit Bintang Guci

21. Gunung Tanjung

22. Kebun Melati Maribaya

23. Bukit Cepu Batumirah

24. Kebun Teh Tegal

25. Goa Lawet

26. Wisata Konservasi Karang Jeruk

27. Jembatan Gantung Danawarih

28. Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung

29. Rita Park & Rita Mall

30. Gerbang Mas Bahari Waterpark

31. Situs Manusia Purba Semedo

32. Agrowisata Loco Antik

33. Hot Waterboom Guci

34. Sulaku Bumi Jawa Park

35. Waterboom Yogya Slawi

36. Taman Poci

37. Taman Rakyat Slawi Ayu

38. Konsorsium Rumah Wayang

39. Museum Sekolah Slawi

40. Pacific Mall

41. Pokanjari

42. Taman Monumen Bahari

43. Hutan Mangrove Pantai Alam Indah

44. Pantai Pulau Kodok

45. Taman Tegalsari

46. Wisata Gunung Asu

47. Wisata Alam Prabanlintang Danasari

48. Wisata Taman Anggrek

49. Mata Air Bulakan

50. Wisata Alam Sindang Kemadu

51. Curug Jedor

52. Curug Kaliputih

53.

Bagaimana ? Anda sudah menyusun rencana trip kalian untuk mengexplore wisata Tegal ? Itulah 50 tempat wisata di Tegal yang seru dan menarik untuk dikunjungi rekomendasi dari educatri.net. Jangan lupa untuk membagikan panduan wisata di Tegal ini kepada orang yang membutuhkan supaya yang lain juga tahu dimana saja tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat selamat liburan, semoga perjalanan liburan anda seru dan menyenangkan, dan jangan kapok untuk kembali ke Kabupaten Tegal ini.

Leave a Comment