10 Rekomendasi Wisata Tulungagung yang Mengasyikan Terpopuler Hits 2020

Ada yang masih asing dengan nama Tulungagung? Bagi kamu yang belum tau, Tulungagung ini merupakan nama dari sebuah kabupaten yang ada di Jawa Timur. Tulungagung berada 154 kilometer Barat Daya Kota Surabaya. Informasi menarik yang perlu kamu tau tentang Tulungagung adalah, bahwa Tulungagung merupakan salah satu daerah yang mendapatkan julukan daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia.

Tulungagung merupakan daerah yang kaya akan pariwisatanya, mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata air terjun, wisata candi, wisata budaya hingga wisata kuliner. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kemana aja jika sedang berkunjung atau liburan di Tulungagung, karena banyak sekali pilihan objek wisata Tulungagung yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kota Tulungagung. Sekarang kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata Tulungagung, agar kamu tidak kebingungan. Cekidot!!

10 Rekomendasi Tempat Wisata Tulungagung

Kedung Tumpang

Kedung Tumpang

Untuk menikmati pantai, air laut yang biru dan tebing tinggi dilengkapi dengan ombak yang menabrak tebing-tebing juga karang tajam kamu tidak hanya bisa medapatkan pemandangan ini di Bali saja. Tulungagung memiliki pantai yang menyediakan pemandangan seperti di atas. Kedung Tumpang, pantai Kedung Tumpang ini bisa kamu kunjungi kapan saja. Kedung Tumpang memiliki banyak spot yang akan memanjakan mata juga menantang adrenalin kamu. 

Tebing yang dimiliki pantai ini cukup menantang adrenalin jika kamu mendakinya, jika kamu sudah sampai di puncak tebing, maka kamu akan melihat ke indahan laut dan pantai tanpa pasir dari ketinggian. Dari Tebing pantai Kedung Tumpang, kamu juga bisa mengambil beberapa foto kecantikan yang dimiliki Pantai ini.

Karang laut yang besar yang tersebar di pantai yang terkadang ditabrak oleh ombak ini memiliki keindahan yang dapat menemani kamu menikmati pantai ini. Ketika menjelang sunrise dan sunset kau akan melihat cahaya keemasan yang muncul dan tenggelam dengan cantiknya dari pantai ini. Jangan lupa abadikan moment sunrise dan sunset yang kamu lihat. 

Untuk tarif masuk ke Pantai Kedung Tumpang hanya berlaku jika hari libur akhir pekan atau libur nasional. Jika berkunjung ke hari-hari itu kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 dan harus membayar parkir sekitar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kedaraan roda empat.

Lokasi pantai Kedung Tumpang berjarak 35 kilometer dari pusat Kota Tulungagung. Untuk akses menuju lokasi menuju Pantai Kedung Tumpang kamu hanya perlu menggunakan google maps. Untuk informasi tambahan, ketika kamu sudah sampai di area parkir, kamu harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer untuk bisa sampai di Pantai Kedung Tumpang.

Pantai Pacar

Pantai Pacar

Pantai Tulungangung berikutnya yang akan kami rekomendasikan untuk kamu adalah Pantai pacar. Pantai adalah objek wisata yang selalu membuat kita ingin kembali kepadanya ya?. Pantai pacar ini berlokasi di daerah Pucang Labang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju ke Pantai pacar ini, kamu harus memiliki persiapan yang matang. Karena, di perjalanan menuju Pantai pacar kamu akan dihadapi dengan jalan yang berkelok, tikungan tajam dan tanjakan-tanjakan.

Sebelum memulai perjalanan ada baiknya kamu memeriksa kendaraan terlebih dahulu dan memastika bahwa kendaraan mu aman untuk di bawa ke Pantai pacar. Walaupun jalanan yang akan kamu hadapi itu ekstrem, kamu akan diberi bonus dengan pemandangan pohon-pohon yang menjulang tinggi di kiri dan kanan jalan. Ini akan membuat perjalanan kamu lebih relax. 

Hal menarik yang harus kamu tau dan harus kamu rasakan di Pantai Pacar ini adalah air terjun yang berasa dari mata air yang berada di titik pantai. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Air yang meluncur bebas dari tebing kemudian jatuh hingga menyentuh pasir di tepi pantai ini membuat mata yang melihatnya merasa tenang dan segar. Jadi jika kamu berkunjung ke Pantai pacar selain bisa menikmati indahnya pantai dan pemandangan laut, kamu juga bisa menimati pemandangan air terjun di pantai. Dua pemandangan ini bisa kamu lihat sekaligus tanpa ada penghalang

Air Terjun Alam Kandung

Air Terjun Alam Kandung

Wisata alam adalah salah satu tempat yang tepat untuk melepas penat. Rekomendasi wisata Tulungagung berikutnya adalah Air Terjun Alam Kandung, air terjun yang memiliki keindahan yang elok dan asri ini akan memanjangan mata anda dengan warna hijau alam yang menyegarkan. Dilengkapi dengan air terjun yang meluncur bebas ke bawah dari ke tinggian 15 meter.

Rasanya tidak sah jika anda hanya menikmati keindahan Air Terjun Alam Kandung ini tanpa menyentuh air dan berenang di kolam yang memiliki kedalaman 6 hingga 8 meter ini. Liburan anda sudah sangat lengkap, berenang di kolam dengan air berwarna hijau tosca sambil menikmati pemandangan air terjun yang turun secara perlahan hingga menyentuh air kolam.

Lokasi Air Terjun Kandung berada di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Untuk akses menuju lokasi Air Terjun Alam Kandung sudah sangat mudah untuk dilalui, kamu cukup mengikuti petunjuk arah dari googlemaps. Jika kamu memulai perjalanan dari kota Tulungagung, perjalanan mu akan memakan waktu sekitar satu jam. 

Untuk tarif yang dikenakan jika kamu berkunjug ke Air Tejun Alam Kandung, kamu akan dikenakan tarif biaya masuk dan parkir bersikar antara Rp.2000 hingga Rp.6000. Di pintu masuk, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 100 meter, dengan jalanan jenis tanah dan pemandangan hutan yang akan mengantar mu untuk sampai ke Air Terjun Alam Kandung.

Gunung Budheg

Gunung Budheg

Selain wisata yang berhubungan denga air, Tulungagung juga memiliki wisata pegunungan. Gunung Budheg ini merupakan salah satu gunung yang sering di jadikan sebagai tempat pengibaran bendera dalam rangka peringatan 17 agustus. Bagi kamu, yang belum pernah mendaki gunung, Gunung Budheg ini sangat cocok bagi kamu pendaki pemula. Gunung Budheg hanya memiliki ketinggian 585 mdpl.

Walaupun memiliki ketinggian 585 mdpl, Gunung Budheg menawarkan panorama alam yang tak kalah indahnya dari gunung-gunung lain. Dari atas puncak Gunung Budheg kamu bisa melihat indahnya Kota Tulungagung dari ketinggian, selain itu kamu bisa menikmati senja dari puncak Gunung Budheg. Kamu juga bisa melihat patung Joko Budheg dari puncak Gunung Budheg. Patung yang memiliki kisah yang melegenda di masyarakat sekitar.

Selain panorama alam, di Gunung Budheg kamu tidak perlu khawatir mengenai toilet, mushola dan warung makan, juga area parkir yang memadai, karena itu semua sudah disediakan oleh pengelola. 

Untuk jalur pendakian Gunung Budheg tersedia dua jalur pendakian yang bisa menjadi pilihan jalur pendakian pertama adalah jalur barat, yang mempunyai jalur pendakian level mudah. Sementara, jalur kedua bisa ditempuh melalui jalur utara dengan medan yang lebih sulit dan jarang dilalui oleh pendaki. Biaya untuk masuk ke Kawasan Gunung Budheg hanya Rp5000.

Bumi Perkemahan Jurang Senggani

Bumi Perkemahan Jurang Senggani

Bagi kamu yang ingin camping bersama teman-teman sambil menikmati malam di alam terbuka, Bumi Perkemahan Jurang Senggani adalah tempat yang tepat untuk camping. Jika kamu camping di Bumi Perkemahan Jurang Senggani kamu akan mendapati pemandangan dengan di penuhi pohon pinus serta suasana yang sejuk. Selain kamu bisa bercamping di Jurang Senggani kamu juga bisa menikmati air terjun yang jernih juga memberikan suasana sejuk dan asri.

Pengelola juga menyediakan spot-spot foto yang bagus dan keren yang bisa kamu pakai untuk mengabadi moment. Seperti spot foto taman bunga, spot foto berlatar belakang pohon pinus. Semua sudut yang ada di Bumi Perkemahan Jurang Senggani, memiliki keindahan yang bisa dijadikan spot foto yang bagus dan keren.

Bumi Perkemahan Jurang Senggani berlokasi di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk bisa masuk ke Bumi Peremahan Jurang Senggani ini kamu akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5.000/ peroang dan membayar biaya parkir Rp5.000

Panjat Tebing Gunung Pegat

Panjat Tebing Gunung Pegat

Bagi sebagain orang ketinggian adalah candu. Olahraga panjat tebing ini banyak disukai para pemuda, apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa dengan olahraga ini. Tulungagung memiliki objek wisata Panjang Tebing yaitu di Gunung Pegat. Gunung Pegat ini berlokasikan di Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Lokasi Gunung Pejat berjarak 20 kilometer dari pusat Kota Tulungagung. Untuk menuju lokasi panjat tebing dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Jika kamu membawa mobil kamu bisa menitipkan mobil mu ke rumah warga dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter. 

Pemanjatan Tebing Gunung Pegat memiliki 5 jalur pemanjatan. 5 jalur pemanjatan itu terdiri dari pemanjatan Watu Cetek dengan ketinggia 20 meter, jalur Tawon 23 meter, jalur stone snow 23 meter, jalur Nafas Senja 28 meter, dan yang paling tinggi adalah jalur Tropical Diversee dengan ketinggian 50 meter.

Bagi kamu yang belum pernah memanjat tebing, ada Teknik yang di sediakan khusus kamu yang pemula. Teknik Top Rope atau pemanjatan dengan tali pemanjatan yang sudah terpasang sebelumnya, bisa kamu gunakan jika kamu ingin merasakan berada di atas ketinggian sambil menikmati pemandangan. Tebing Pemanjatan Gunung Pegat ini masuk grade 5.10A hingga masuk grade 5.10C.

Seru bukan objek wisata Tulungagung satu ini? Sangat menguji adrenalin.

Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara dengan debit 15.000 m3 per detik. Waduk Wonorejo ini merupakan waduk yang berfungsi sebagai PLTA dan sebagai sarana irigasi di daerah Pagerwojo dan sekitarnya. Waduk Wonorejo juga dugunakan sebagai sarana penggerak turbin untuk menghasilkan energi listrik. 

Yang menjadi daya tari Waduk Wonorejo ini adalah pemandangan waduk yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang yang memberikan suasana asri dan sejuk. Selain itu, Waduk Wonorojo itu sangat dikelola dengan baik oleh pengelola sebagai tempat wisata dan rekreasi sehingga di sediakan fasilitas-fasilitas yang bisa di pakai oleh pengunjung untuk menikmati Waduk Wonorejo. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah jet-ski, wisata dengan perahu kano, bumi perkemahan dan lintas alam, sarana penerbangan domestic setingkat heli, pemancingan air tawar, serta ada juga sirkuit berkualitas standar unutk event Motocross atau Offroad. 

Itu dia rekomendasi pilihan objek wisata Tulungagung yang kami sediakan untuk kamu. Nah sekarang adalah giliran kamu untuk memilih objek wisata mana yang akan kamu kunjungi?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *