7 Tempat Wisata Wonosobo Keren Cocok Untuk Keluarga

Kabupaten Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Wonosobo terkenal dengan dengan wisata Diengnya yang terkenal. Di Wonosobo banyak sekali pilihan objek wisata yang sangat indah dan tentunya menjadi incaran para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. 

Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prau (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang.

Melihat dari kondisi geografis yang merupakan daerah pegunungan, Wonosobo sangat cocok bukan menjadi salah satu list wisata mu?. Sebelum  pergi ke Wonosobo tentu saja kamu harus tau objek wisata di Wonosobo ada apa aja. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberimu informasi tentang objek wisata Wonosobo.

Jika kamu berencana ingin berkunjung ke kota Wonosobo jangan sampai tidak mampir diwisata-wisata Wonosobo yang terkenal. Berikut kami pilihkan 7 objek wisata Wonosobo yang harus kamu masukkan dalam list liburanmu

Air Terjun Sikarim Wonosobo

Air Terjun Sikarim

Air terjun yang terletak di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah ini merupakan air terjun yang memiliki ketinggian 125 meter. Destinasi ini cocok bagi anda yang suka berkunjung ke wisata alam. Untuk lokasi detail air terjun ini terletak di Dataran Tinggi Dieng di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan air laut.  Setelah membaca ini sudah terbayangkan bukan, hawa dingin dan kabut menyergap di Kawasan yang hanya berjarak kurang dari 2 kilometer dari Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa.

Suasana sekitar air terjun yang dingin dengan air terjun yang tak berhenti menggerojok, pohon pakis yang tumbuh liar subur menjulang ke atas, menambah kesegaran mata. Tebing-tebing berpinggir dilengkapi dengan beragam tanaman yang begitu membuat kesan bahagia dan tenang melihatnya.

Tanaman kacang tanah, pisang, dan seledri menghampar di pinggir jalan menuju air terjun. Keunikan dari wisata Wonosobo air terjun sikarim ini terletak pada musik dangdut yang dibawa oleh Kelompok Sadar Wisata Air Terjun Sikarim. Sebagai informasi tambahan, Kelompok Sadar ini akan ada saat musim libur panjang.

Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo yang sangat direkomendasikan untuk masuk dalam list liburanmu adalah Kebun Teh Tambi. Untuk kamu yang pernah ke Dataran Tinggi Dieng, pasti tidak asing lagi dengan Kebun Teh Tambi atau biasa disebut dengan Agrowisata Kebun Teh Tambi. Kebun teh ini merupakan perkebunan peninggalan zaman Belanda dan hingga saat ini masih dioperasikan oleh perusahaan milik pemerintah.

Daya tarik utama objek wisata alam Wonosobo satu ini adalah pemandangan alam dengan panorama kebun teh dan gunung yang jika kamu berdiri di tengah kebun teh dan merasakan udara segar kamu akan merasa tenang. Selain itu outbound berada di kaki Gunung Sindoro juga harus kamu rasakan.

Lokasi Kebun Teh Tambi ini berjarak kurang lebih 16 kilometer arah utara kota Wonosobo. terletak di lereng sebelah Barat Gunung Sindoro dan Sumbing di bagian tengah Jawa Tengah. Ketinggian 800 – 2.000 meter di permukaan laut dengan tingkat curah hujan 2.500 – 3.500 mm per tahun, dan suhu udara rata-rata minimal 15 derajat celcius, dan suhu maksimal 24 derajat celcius.

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin bermalam disini, karena sudah disiapkan kamar-kamar penginapan yang fasilitasnya pun sudah lengkap. Jika kamu bingung harus mulai dari mana untuk menyusuri Kebun Teh Tambi ini, kamu bisa memakai jasa pemandu yang akan membawa kamu berkeliling, sambil melihat para karyawan memetik teh hingga melihat proses pembuatan teh.

Wisata Wonosobo Telaga Menjer

Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah sebuah telaga buatan yang difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Telaga menjer merupakan sebuah telaga yang terbentuk dari sebuah letusan gunung Pakuwaja yang dulunya aktif. Sebelum terjadi peristiwa peletusan, Telaga Menjer adalah sebuah mata air kecil dan jika pada musim hujan airnya akan meluas.

Lokasi Telaga Menjer terletak di Kecamatan Garung yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Wonosobo. Rute yang bisa anda tempuh untuk menuju Telaga Menjer hampir sama dengan rute menuju ke arah utara mengikuti arah jalan dieng. Sesampai di pasar Garung yang berjarak sekitar 7 kilometer dari alun-alun Wonosobo terdapat gapura yang bertuliskan PLTA Garung yang berada di kiri jalan sekitar pasar. Selanjutnya kamu bisa jalan dari gapura tersebut hingga terlihat Telaga Menjer yang berada di kiri jalan. Untuk harga tiket masuk Telaga Menjer sekitar Rp3000/orang.

Fasilitas yang disediakan di Telaga Menjer untuk menikmati objek wisata ini ada perahu yang dapat disewa hanya dengan membayar Rp15.000 rupiah kurang lebih 30 menit. Selain mendayung perahu kamu juga bisa memancing, karena di Telaga Menjer juga terdapat ikan. 

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng

Wisata Dieng yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri, keunikannya adalah terdapat pada warna telaga ini yang bisa berubah-ubah, yang terkadang berwarna hijau, kuning dan pelangi. Hal ini terjadi karena Telaga Warna ini mempunyai kandungan sulfur yang cukup banyak dan ketika tersorot sinar matahari maka warna air tersebut akan berubah warna. Fakta menarik lain adalah, bahwa Telaga Warna ini merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi di antara telaga-telaga yang lain seperti telaga pengilon, telaga merdada dan telaga-telaga lainnya. Luas Telaga Warna ini setara dengan 3 kali luas lapangan sepak bola. 

Untuk menikmati Telaga Warna Dieng yang memiliki ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut kamu bisa menaiki salah satu bukit yang ada di Telaga Warna. Seperti bukit Ratapan Angin. Dari bukit tersebut anda akan mendapati pemandangan Telaga Warna dan pemandangan di sekitarnya.

Untuk tiket masuk Telaga Warna anda cukup membayar Rp7000/orang,  membayar parkir motor Rp2000 dan mobil Rp.5000. Lokasi Telaga Warna ini terletak di Dieng Wetan, Wonosobo. Rute perjalanan menuju Telaga Warna sangat mudah, dari alun-alun Kota Wonosobo terdapat Jalan Dieng, untuk bisa sampai ke Dieng kamu harus mengikuti jalan tersebut ke arah utara hingga sampai ke Dieng. Sesampai di pertigaan Dieng kamu belok kiri dan sampailah di Telaga Warna. Cukup mudah bukan?

Kawah Sikidang Dieng

kawah sikidang dieng

Jika kamu berkunjung ke Telaga Warna, lewat jalur setapak ke jalur kiri, kamu akan mendapati sisa-sisa aktivitas Kawah Sikidang yang meski sudah tidak menunjukkan gelagaknya namun tanda-tandanya masih terlihat pada permukaan kawah yang didominasi endapan belerang, serta buih-buih air yang merembas lewat rekahan-rekahan tanahnya jika disentuh masih terasa hangat.

Hal unik yang bisa kamu temukan di Kawah Sikidang ini adalah rekahan kolam kawah yang selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tidak heran jika areal tersebut banyak terlihat bekas-bekas kawah yang sudah mati namun tampak buih-buih dari permukaan lumpurnya.

Selain kawah Sikidang ada juga Kawah Sileri. Kawah ini merupakan salah satu kawah terbesar di dataran tinggi Dieng dengan luas sekitar 4 hektar. Jika kamu menuju kawah ini, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dari kawasan wisata utama Dieng. Atau jika kamu ingin mengunjungi Kawah lain selain dua kawah di atas, kamu bisa mengunjungi Kawah Candradimuka. Kawah Candradimuka adalah kawah yang terkenal di dalam cerita legenda pewayangan. Diceritakan dalam legenda, di hawah kawah ini merupakan tempat dimana Gatotkaca dijedi (dimandikan) sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa. Lokasi Kawah Candradimuka ini terletak kurang lebih 6 kilometer dari pusat wisata Dieng. Sangat dekat dengan kawah-kawah yang sudah kami sebut di atas.

Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Bagi kamu yang sangat suka menikmati keindahan sunrise dengan merah keemasan tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu. Gardu Pandang tieng ini terletak pada ketinggian 1789 mpdl tepat berada di atas Desa Tieng. Di Gardu Pandang Tieng kamu seperti berada di atas awan, dan menikmati sunrise tanpa penghalang apapun

Pemandangan sebelah timur terdapat perbukitan kebiruan yang diselimuti kabut tipis dan jika kamu melihat ke bawah kamu akan langsung melihat pemandangan pedesaan dengan rumah-rumah warga yang berhamparan. Jika kamu memindahkan pandanganmu ke sebelah selatan kamu akan melihat pemandangan gunung Sindoro yang menjulang tinggi dengan gagahnya, warnanya kebiruan dan berlatar langit biru jernih sementara itu Desa Tieng dan sekitarnya terselimuti kabut yang rata sampai pertengahan Gunung Sindoro, dan di sinilah kamu akan merasa bahwa kamu seperti berada di atas awan.

Selain menikmati pemandangan alam dan rumah penduduk dari ketinggian, kamu akan mendapati pemandangan kearifan lokal. Ketika para petani berjalan menuju ladang dengan pakaian khas mereka, pakaian tebal dan menenteng bekal. Sangat terasa bukan suasana pedesaannya?, suasana yang tidak mungkin kamu dapat saat kamu berada di kota, cocok bagi kalian yang sedang penat dengan suasana perkotaan yang penuh dengan polusi.

Gunung Prau Wonosobo

gunung prau dieng

Nah sekarang untuk kamu yang suka mendaki dan ingin mencoba mendaki Gunung Prau adalah salah satu objek wisata yang harus kamu coba. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl, merupakan gunung yang memiliki ketinggian sedang, dibandingkan dengan beberapa gunung seperti, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, gunung Slamet dan Gunung Unggaran. Gunung Prau ini berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, karena bentuk Gunung Prau ini yang memanjang seperti perahu.

Untuk jalur mendaki Gunung Prau memiliki 2 jalur utama. Jalur utama pendakian bisa dimulai dari Kabupaten Kendal, yaitu jalur pendakian Desa Kenjuran yang terletak di Kecamatan Sukorejo. Jalur pendakian dari jalur Kenjuran sendiri memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan. Rute yang dilewati sedikit agak terjal. Jalur pendakian kedua dan yang paling ramai adalah jalur selatan yaitu dari wisata alam Dieng, pendakian bisa dimulai dari Dieng atau Desa patak Banteng, sebuah desa yang berada di sebelum pintu masuk Dieng. Pendakian Gunung Prau melewati jalur Dieng sedikit lebih ringan sekitar 3 jam pendakian.    

Gunung Prau terkenal dengan sunrisenya yang indah dan bukit teletubiesnya. Sunrise terbaik Gunung Prau ini akan muncul ketika peralihan di bulan desember dan januari. 

Itu dia objek wisata Wonosobo pilihan yang bisa kamu masukkan ke daftar list liburan kamu. Mulai dari air terjun, kebun teh hingga Gunung. Nah waktunya untuk kamu memilih. Segala informasi sudah kami sediakan untuk kamu, agar kamu bisa memiliki momen liburan yang asik dan mengesankan. Sebelum berangkat liburan pastikan fisikmu sedang dalam keadaan fit ya. 

Nah itu tadi kumpulan destinasi wisata Wonosobo yang dapat kamu jadikan pertimbangan ketika sedang berkunjung ke kota Wonosobo ini. Selamat liburann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *